5 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

5 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia – Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan dalam keluarga Soshum yang cukup populer. Jurusan ini hanya diminati oleh mahasiswa IPS, tetapi juga mahasiswa IPA yang ingin lintas jurusan sambil kuliah. Tapi dari kelas mana, apakah Anda benar-benar memiliki karakter yang sesuai untuk belajar di jurusan ini?

Jurusan ini telah terbukti memiliki prospek yang baik untuk dijual. Jurusan Hubungan Internasional sering dianggap sebagai cabang ilmu politik, sehingga jurusan ini hampir di setiap kampus berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Apa yang dimaksud dengan Jurusan Hubungan Internasional?

Hubungan Internasional atau biasa disingkat IR adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar negara, meliputi peran negara, organisasi antar pemerintah (IGO), organisasi non-pemerintah internasional (INGO), organisasi non-pemerintah (LSM), dan perusahaan multinasional (MNCs). . .

Internasional juga erat kaitannya dengan upaya suatu negara untuk menghadapi tantangan internasional seperti keseimbangan dunia, masalah keamanan, masalah lingkungan global, dan kemiskinan melalui kerjasama antar negara.

Cakupan jurusan ini sangat luas, mulai dari globalisasi, kepemilikan negara, keamanan internasional, kejahatan terorganisir, intervensionisme, hingga hak asasi manusia. Lulusan jurusan hubungan internasional dapat berkarir di berbagai institusi lokal maupun internasional. Karena itu, mereka berhak bekerja di perusahaan besar, CIA bahkan pemerintah.

Berikut 10 rekomendasi kampus Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Indonesia mendapatkan predikat A dari BAN-PT pada tahun 2014. Persaingan di Program Studi HI UI jauh lebih ketat dibandingkan UGM. Jurusan Hubungan Internasional UI menjadi favorit kedua setelah Jurusan Akuntansi. HI UI berada di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan jumlah penonton lebih dari 3.000 orang, HI UI memiliki kapasitas kurang dari 60 kursi. Kapasitas trayek SNMPTN 17 orang, lalu trayek SBMPTN 22 orang, dan trayek SIMAK 16 orang. Universitas Indonesia merupakan PTN di Indonesia yang menduduki peringkat 305 dunia.

2. Universitas Gadjah Mada

Program Studi Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendapatkan predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2014. Program studi ini masuk dalam daftar target favorit peserta dari SNMPTN, SBMPTN, hingga Jalur Mandiri. UGM menempati posisi 250 sebagai universitas terbaik di dunia.

3. Universitas Padjajaran

Anda dapat menemukan universitas favorit lainnya untuk jurusan IR di Bandung, Jawa Barat. Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad) pertama kali mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, pada tahun 2011. Hubungan Internasional juga menjadi salah satu jurusan favorit yang selalu ramai dipadati pelamar setiap SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibandingkan PTN sebelumnya, Unpad memberikan kuota IR yang lebih besar pada jalur SNMPTN 2022, yakni 36 kursi dan SBMPTN sebanyak 48 kursi.

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Semarang Akreditasi A dengan Fakultasnya

4. Universitas Airlangga

Jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga telah dinyatakan terakreditasi A sejak tahun 2011 oleh Program Studi Hubungan Internasional BAN-Unair dengan kapasitas melalui SBMPTN 2019 membuka 48 kursi. Tentunya Universitas Airlangga dapat memilih sebagai alternatif pilihan, mengingat ketatnya persaingan di universitas favorit lainnya.

5. Universitas Jenderal Sudirman

Dari kawasan Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, ada satu kampus yang membuka pembelajaran bagi Jurusan Hubungan Internasional, yaitu Universitas Jendral Sudirman (Unsoed). Unsoed menduduki peringkat 36 dari 577 perguruan tinggi di Indonesia versi 4ICU.

Untuk prospek ke depan, alumni Jurusan Hubungan Internasional tidak hanya diplomat. Alumni HI berkesempatan menjadi negosiator, penerjemah, pengusaha, pejabat internasional, jurnalis, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *