Rekomendasi 4 Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

Rekomendasi 4 Universitas Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia –  Apakah kamu saat ini bercita-cita menjadi seorang arsitek atau memiliki keinginan untuk menciptakan sebuah bangunan yang menakjubkan dan estetis? Mungkin Anda perlu melihat 4 jurusan arsitektur terbaik di Indonesia.

Apa itu Arsitektur?

Arsitektur adalah perpaduan antara seni, sains, matematika, dan bisnis sehingga Anda harus memiliki latar belakang yang kuat dalam mata pelajaran ini. Sepanjang waktu Anda sebagai mahasiswa arsitektur, Anda akan mengambil kelas di berbagai bidang seperti matematika (termasuk geometri, aljabar, trigonometri, dan kalkulus), sains (kemungkinan besar fisika dan teknik), statistik, ilmu komputer (terutama pemodelan 3D dan pemrograman linier) . dan seni (seperti menggambar dan sejarah seni). Jika ide untuk mengambil Jurusan interdisipliner benar-benar menggairahkan Anda, jurusan arsitektur mungkin cocok untuk Anda!

Berdasarkan data Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) tahun 2021, terdapat sejumlah universitas di Indonesia dengan jurusan Arsitektur terbaik. Hal ini diperoleh melalui penilaian terhadap empat indikator. Lantas, universitas mana saja yang memiliki jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia? Ayo, lihat!

1. Universitas Indonesia

UI didirikan pada tahun 1947. Perlu Anda ketahui bahwa universitas kebanggaan Indonesia ini kini menduduki peringkat ke-909 terbaik di dunia. Menakjubkan bukan. Estimasi biaya kuliah jurusan Arsitektur terbaik di UI sekitar Rp 65.000.000. Tentunya hal tersebut sesuai dengan fasilitas yang tersedia dan tenaga penasehat profesional yang dimiliki oleh Universitas Indonesia.

Peringkat keseluruhan: 24,1-30,1
Pengajaran: 37.6
Penelitian: 20.7
Kutipan (kutipan): 15.2
Pendapatan industri: 84.5
Tampilan internasional: 51.3

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 1962, Jurusan Arsitektur dan Perencanaan UGM menyediakan program studi untuk jenjang sarjana. Namun, hingga 2009, memiliki delapan program studi untuk tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Fakultas Arsitektur dan Perencanaan UGM berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

Peringkat keseluruhan: 10.3-25.0
Pengajaran: 25.0
Penelitian: 12.3
Kutipan (kutipan): 13.1
Pendapatan industri: 56,7
Tampilan internasional: 38.4

Baca Juga : 5 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

3. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia. Saat pertama kali menyelenggarakan perkuliahan pada tahun 1983, jurusan arsitektur UB masih merupakan program studi di bawah naungan Jurusan Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 1994 statusnya berubah menjadi Jurusan Arsitektur yang masuk dalam Fakultas Teknik UB.

Peringkat keseluruhan: 10.3-25.0
Pengajaran: 16.9
Penelitian: 8.7
Kutipan (kutipan): 10.2
Pendapatan industri: 36,3
Tampilan internasional: 21.9

4. Institut Teknologi Sepuluh November

Institut Teknologi Sepuluh Nopember didirikan pada tanggal 15 September 1965 karena pada saat itu hanya ada satu kampus dengan jurusan arsitektur yaitu ITB. Padahal, 20 tahun telah berlalu sejak Indonesia merdeka dan banyak arsitek yang dibutuhkan untuk pembangunan negara. Jurusan arsitektur ITS telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Peringkat keseluruhan: 10.3-25.0
Pengajaran: 19.7
Penelitian: 12.1
Kutipan (kutipan): 17.5
Pendapatan industri: 61,9
Tampilan internasional: 38.2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *