10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja yang Sangat Tinggi

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja yang Sangat Tinggi

10 Jurusan Teknik Dengan Prospek Kerja yang Sangat Tinggi – Untuk lulusan teknik memiliki spesifik yang dibutuhkan oleh banyak industri di masa depan sebagai teknologi berkembang. Teknik merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Meskipun memiliki tingkat keketatan yang tinggi untuk Departemen Teknik, ia juga membuka prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan bagi lulusannya. Karena bisa dilihat banyak sekali jurusan atau program studi (prodi) yang termasuk dalam ruang lingkup teknik. Berikut ini akan dijelaskan jurusan apa saja yang termasuk dalam Fakultas Teknik dan memiliki peluang kerja yang menjanjikan.

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Sangat Tinggi :

1. Teknik Sipil

Mahasiswa Teknik Sipil dididik untuk siap dalam semua kompetensi dan keterampilan di industri konstruksi, Bisnis, Manajemen, dan sektor keuangan. Dalam prospek pekerjaan lulusan teknik sipil dapat bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Anda juga dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lainnya di bidang konstruksi.

2. Teknik Elektro

Siswa jurusan Teknik Elektro akan mempelajari teori sirkuit listrik. Dalam rangkaian listrik ini adalah interaksi antara berbagai komponen listrik, seperti resistor, kapasitor, dioda, transistor, dan induktor dalam sebuah rangkaian listrik. Berkat keahlian di bidang kelistrikan, lulusan Teknik Elektro akan menyasar industri tenaga besar, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sebagai pilihan utama.

3. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika memiliki fokus yang dikaji yaitu perangkat lunak (software) maupun Perangkat Keras (hardware). Dalam kursus nanati akan belajar dari perhitungan, berbagai bahasa pemrograman untuk mengarah pada pengembangan aplikasi, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan.

4. Teknik Kimia

Untuk Jurusan Teknik Kimia mahasiswa akan belajar tentang Penerapan Ilmu Kimia dalam produksi bahan dan produk. Dan siswa juga belajar tentang Penerapan Prinsip-prinsip ilmu alam dengan prinsip-prinsip ekonomi dan interaksi antara orang-orang. Prospek pekerjaan lulusan teknik kimia sangat luas. Anda dapat bekerja di industri kimia, minyak bumi, farmasi, untuk menjadi konsultan.

5. Teknik Perminyakan

Lulusan Teknik Perminyakan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, salah satunya adalah sebagai teknisi Perminyakan. Tugas teknisi Perminyakan adalah menyusun strategi dengan insinyur lain tentang cara mengekstraksi minyak dan gas alam dari bumi dan melakukan langkah-langkah pengeboran. Di sini Anda akan belajar tentang eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan minyak.

6. Teknik Mesin

Dari semua kegiatan Hampir Semuanya saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Bagi anda yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan mesin, Anda dapat memilih jurusan Teknik Mesin. Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diterapkan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

7. Teknik Penerbangan

Bagi anda yang ingin berkarir di bidang penerbangan, anda bisa mengambil jurusan Teknik Penerbangan. Di sini Anda bisa menjadi teknisi penerbangan yang bertugas memperhatikan komponen fisik Pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, dan satelit. Prospek pekerjaan teknik penerbangan dapat menjadi insinyur profesional di berbagai industri penerbangan seperti perusahaan AirNav Indonesia dan Angkasa Pura I & II.

8. Teknik Industri

Teknik Industri berbeda dengan teknik mesin karena dalam teknik industri Anda tidak hanya belajar tentang seluk-beluk mesin manufaktur, tetapi Anda juga akan mempelajari sistem manajemen suatu industri. Untuk prospek pekerjaan Anda sendiri di departemen ini sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Anda dapat bekerja di Divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, Divisi Teknik, Divisi Perencanaan biaya, hingga HRD.

9. Teknik Perkapalan

Sebagai negara maritim, kapal merupakan transportasi penting untuk mendukung kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. Departemen Teknik Pembuatan kapal mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti desain dan konstruksi kapal, operasi kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal. Pekerjaan potensinya dapat dimulai di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan fasilitas industri lepas pantai, pemeliharaan dan perbaikan kapal, dan banyak lagi.

10. Biomedical Engineering

Jurusan Teknik yang satu ini masih ada hubungannya dengan dunia medis. Anda akan dilengkapi dengan pengetahuan Ilmu Pengetahuan, Kesehatan, dan teknologi medis. Fokus ilmiah adalah daya tarik departemen ini, terutama prospek untuk bekerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *